Jember. Ada yang unik di Alun-alun Jember, saat Car Free Day pagi ini, 10 Desember 2017. Tampak satu kelompok siswa SD Al Irsyad Al Islamiyyah Jember memainkan angklung dengan lancar. Tak ayal, permainan mereka menjadi pusat perhatian masyarakat.

Para siswa ini merupakan peserta ekstra kurikuler Angklung, yang sudah rutin berlatih setiap pekan di sekolah. “Aksi angklung merupakan bagian dari strategi promosi sekolah,” ungkap ustaz Amas mustofa S. Pd, kepala SD Al Irsyad Al Islamiyyah Jember.

Menurutnya, sekolah juga menurunkan para guru untuk merespon masyarakat yang tertarik ingin mendaftar. “Sengaja kami memilih car free day karena banyak warga Jember yang berkumpul, sehingga lebih mudah bagi kami untuk mempopulerkan sekolah sekaligus menjaring calon siswa dan calon wali murid,” tambahnya.

Selain aksi angklung, para siswa juga menampilkan Maket Produk Sains Eksplore “mengetahui bahan makanan berformalin”. Juga ada pengenalan Havatukilla berupa Engklek dan Engrang Batok Kepala. Bahkan hadir pula tim guru dari TK Al Irsyad Jember membawa kotak pasir untuk menarik minat anak-anak pengunjung car free day.()