Bondowoso. Perhelatan Akbar Islamic Student Competation (ISC) pada Sabtu, 27 Januari 2018 ini tampak meriah. Diantaranya karena digelar bersama oleh TK, SD, SMP, dan Mahad (MTs & MA) Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso, dan terutama karena pesertanya lintas jenjang dari siswa kelompok bermain, TK, SD, SMP/MTs, hingga para santri dari kabupaten Jember, Lumajang, Situbondo dan Bondowoso.

Halaman ma’had yang yang sejatinya luas pun terasa penuh oleh peserta, orang tua peserta, para guru pendamping peserta, hingga para praktisi pendidikan di Bondowoso dan kabupaten sekitarnya.

Hadir pula bapak H. Hidayat, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bondowoso membuka ISC dan memberikan apresiasi. “Saya sangat mengapresiasi acara seperti ini, mengajak generasi muda untuk berprestasi, dan lebih mencintai dan mendalami Alquran, karena pemerintah Bondowoso juga memiliki program Tahfiz, yaitu nantinya para Hafidz Quran di Kabupaten Bondowoso akan kami beri penghargaan, dan kami lakukan wisuda.”

Acara dimulai dengan menerbangkan balon berwarna-warni oleh bapak H. Hidayat Sekda Bondowoso, didampingi Ustazah Holifah Nur Azizah, ketua LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso, dan para kepala sekolah TK, SD, SMP, MTs, dan MA Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso. Disaksikan oleh ratusan peserta yang hadir.

ISC yang merupakan agenda tahunan LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso ini bertujuan untuk menggali bakat dan kemampuan para siswa dan santri se Jawa Timur. Sekaligus menunjukkan kualitas sekolah-sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso kepada masyarakat.

Beberapa lomba yang digelar yaitu:
1) Lomba Pidato
Peserta : SD/MI dan SMP/MTs se eks karesidenan Besuki

2) Lomba baca puisi
Peserta: SD/MI se eks karesidenan Besuki

3) Lomba pantomim
Peserta: SD/MI se eks karesidenan Besuki

4) Lomba Tahfidz Juz 30
Peserta: KB dan TK se eks karesidenan Besuki

5) Lomba Tahfiz Surat Pendek
Peserta: SD/MI se eks karesidenan Besuki

6) Lomba Mewarnai
Peserta: KB dan TK se eks karesidenan Besuki

Dalam kegiatan ini, panitia juga menyediakan beberapa booth pameran yang berisi prestasi dan hasil karya seni para siswa sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso. Tak ayal, banyak peserta yang memenuhi pameran ini sambil menunggu urutan lomba, juga banyak yang membeli kerajinan tangan ini sebagai oleh-oleh dan kenang-kenangan.

“Keberhasilan ini tentunya berkat kerjasama para guru dan manajemen sekolah mulai TK, SD, SMP, MTs dan MA, termasuk dukungan penuh oleh Pimpinan Cabang, khususnya dukungan tak kenal lelah dari LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso,” tutur ustaz Khoirul Rozi, ketua panitia.(Hary)