Saat ini, peran Al Irsyad dalam ikut serta mengatasi persoalan lingkungan hidup sedang digaungkan secara nasional. Sekolah-sekolah dituntut untuk mampu mengelola lingkungan sekolah yang hijau dan nyaman, sekaligus menanamkan kepada siswa nilai-nilai kepedulian terhadap lingkungan di sekitarnya.

Niat baik ini diungkapkan oleh Majelis Pendidikan dan Pengajaran (MPP) Pimpinan Pusat Al Irsyad Al Islamiyyah dengan mengundang Helmi Basalamah, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) dalam forum Pelatihan Kepala Sekolah, Guru PAI dan Bahasa Arab tingkat nasional. Rabu, 9 Mei 2018 di Purwokerto.

“Saya mengajak semua sekolah Al Irsyad untuk menjadi sekolah berwawasan lingkungan,” ucap Helmi Basalamah.

Menurutnya sekolah harus membangun diri agar berwawasan lingkungan, memiliki kurikulum berbasis lingkungan, menjadi sekolah berbasis lingkungan, dan memiliki sarana prasarana yang peduli pada lingkungan hidup.

Caranya yakni dengan mengikuti program sekolah adiwiyata. Apalagi KLH sudah membangun kerjasama dengan Kementerian Pendidikan Nasional. “Kementerian sudah menginstruksikan dinas lingkungan hidup di setiap wilayah untuk mendampingi sekolah,” terangnya.

Helmi juga menyampaian kesiapan kementerian untuk mendampingi sekolah-sekolah Al Irsyad dalam mengimplementasikan program-program kerja sekolah yang selaras dengan program KLH. Mulai dari upaya menanamkan nilai-nilai cinta lingkungan, menyiapkan lingkungan dan sarana yang menunjang sekolah adiwiyata, hingga upaya pelibatan masyarakat sekitar sekolah untuk menciptakan lingkungan dan kultur yang ramah lingkungan.()