Purwokerto. Kabar gembira, alumnus SMAIT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto yang bernama Yusuf Burhani berhasil meraih beasiswa penuh kuliah di Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir. Berita ini diterima kantor LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto langsung dari Yusuf Burhani pada akhir Januari 2018 kemarin. Rencananya, Yusuf akan berangkat ke Mesir pada tengah tahun ini untuk memulai kegiatannya sebagai mahasiswa jurusan Syariah Al Islamiyyah.

Beasiswa yang diterima Yusuf Burhani diantaranya berupa gratis asrama fasilitas lengkap, uang saku, gratis pengurusan tiket serta visa, dan mendapat tiket untuk pulang-pergi sebanyak 2 kali yaitu pada tahun pertama dan setelah lulus.

Beasiswa ini berhasil dia raih setelah lulus seleksi tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (kemenag) pada tengah tahun lalu. Yusuf menuturkan, ada dua tes yakni tes tulis dan lisan.

Tes tulis berupa sambung ayat Alquran, bahasa Arab, Pengetahuan Islam, Fiqih, Hadits, Siroh Nabi, dan insya’ (membuat karangan dalam bahasa Arab). Sementara tes lisan berupa hafalan Al Quran (minimal 2 juz), percakapan tentang Indonesia atau Al Azhar, dan ditambah tentang motivasi kuliah.

Yusuf Burhani sejatinya lulusan tahun 2015, dan sejak saat itu bertekad ingin kuliah di universitas Al Azhar. Lalu selama dua tahun, Yusuf mempersiapkan diri dengan belajar bahasa Arab.

Yusuf pun pernah dua kali gagal tes, namun tetap berusaha hingga berhasil pada kesempatan yang ketiga. Tak ada kata menyerah baginya, dan waktu merupakan kesempatan yang Allah Swt. berikan untuk dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menuntut ilmu.

Dia berpesan kepada adik-adiknya para siswa Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto:
“Selama masih ada kesempatan, waktu dan umur hendaknya dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menuntut ilmu, sibukkan dirimu karena waktu luang itu bisa jadi hal mematikan bagi yang tidak bisa memenejnya dengan baik. Belajar dan terus belajar, semakin kamu belajar, semakin bertambah taqwa dan takut kepada Allah Swt.”

“Buat adik-adik yang mau ke Al Azhar.. Insya Allah Al Azhar selalu terbuka bagi antum semua untuk belajar ilmu diin (agama).”

“Bagi adik-adik yang belum berminat ke Al Azhar, silahkan ambil kuliah sesuai minatnya, tetapi jangan pernah lupakan porsi untuk belajar agamamu.”[]

Sumber berita