Purwokerto, Rabu (2/1) sejumlah 928 siswa SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto memulai hari pertama masuk sekolah pada semester yang kedua. Tampak wajah-wajah kegembiraan terpancar dari para siswa yang berjumpa lagi dengan teman-teman dan gurunya. Pekan ini adalah pekan Re-orientasi yang akan dilaksanakan sampai empat hari mendatang.

“Re-orientasi ini dimaksudkan untuk merefresh dan membiasakan lagi kebiasaan-kebiasaan baik yang ada di sekolah. Harapannya kegiatan Re-orientasi ini membantu siswa untuk mengerti dan memahami apa yang harus dilakukan pada semester kedua ini,” terang ustaz Agus Tardian, kepala sekolah.

Kegiatan awal pun digelar oleh sekolah dengan penuh keceriaan. Para guru menyambut dengan sangat ramah, menyapa dan mengajak bermain bersama. Pagi itu, apel pagi terasa meriah dan menyenangkan, apalagi dilanjutkan dengan permainan dan kegiatan yang berbeda setiap kelas.

Kegiatan apel pagi ini digabung dengan semua kelas. Para siswa berkesempatan untuk bertemu dengan teman-teman mereka baik dari kelas mereka atau kelas yang lain. Kemudian para guru memberikan nasehat mengenai kegiatan di semester 2.

“Kegiatan apel ini juga diisi acara bersalam-salaman antar siswa dan antara siswa dengan guru, saling memaafkan untuk kesalahan yang dilakukan pada semester 1. Para siswa juga diajak melakukan senam Gemu Famire, dilanjutkan pembagian reward untuk peserta pelatihan Dokter Kecil yang telah dilaksanakan pada pertengahan bulan Desember yang lalu,” tambahnya.

Ada pula kegiatan yang unik pada hari pertama ini, yakni kegiatan “Buka Celengan Infaq Qurban.” Yaitu membuka kotak tabungan infaq Kurban yang diisi siswa selama liburan. Uang infak ini kemudian disetorkan kepada sekolah untuk ditambahkan ke dalam tabungan kurban masing-masing siswa. Tampak para siswa senang dengan kegiatan ini karena dapat mengetahui jumlah infak yang mereka kumpulkan.[Yuliyanti]

BAGIKAN
Berita sebelumyaHappy Crafting with Mom