Bondowoso. SD Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso kembali menggelar pembelajaran yang kreatif. Sebagaimana tampak dalam Cooking Class yang digelar untuk siswa kelas 2 pada Sabtu terakhir bulan Februari 2018 yang lalu.

Cooking Class yang biasa digelar setiap tahun ini bertujuan untuk melatih kemandirian, kesabaran, keuletan, kebersamaan dan menambah pengalaman.

“Tentunya tujuan utama kegiatan ini berkaitan dengan materi pembelajaran IPA yang sedang dipelajari siswa, yaitu materi tentang Energi dalam kehidupan sehari-hari,” terang Ustazah Rica, Kepala Sekolah saat membuka acara.

Tampak para guru ikut bersemangat di antara para siswa yang gembira karena diajak membuat nasi kuning, mie goreng, nugget, telur gulung, dan juz alpukat.  Uniknya, beberapa wali murid juga dihadirkan oleh sekolah untuk membantu guru mengenalkan beragam menu dan membantu melatih memasak dengan mudah.

Terlihat wajah ceria para siswa saat menuang susu ke dalam blender, melumuri nugget dengan tepung roti, juga saat mengaduk mie goreng. Suasana meriah dan semua siswa tampak akrab, saling membantu, dan berani mencoba.

Kegiatan diakhiri dengan menyajikan hasil masakan ke dalam kotak makanan yang disediakan. Lalu mereka menyantap masakan ini bersama-sama dengan gembira.

“Alhamdulillah, mereka dapat belajar dengan gembira. Karena dengan demikian, materi pembelajaran dan pendidikan akhlak yang diberikan sepanjang kegiatan dapat mereka terima dengan optimal. Cooking Class ini menjadi sesi pembelajaran yang berhasil mengajarkan banyak nilai positif sekaligus,” tutur ustazah Rica bersyukur.()