Pembukaan Job Training Calon Guru Baru 2018 di Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto

Purwokerto. Kamis siang ini (19/04), 43 calon guru mulai menikmati pelatihan intensif bertajuk Job Training (JT) Calon Guru Baru 2018 yang digelar oleh LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. JT yang mengusung tema Menjadi Guru Inspiratif dan menyenangkan merupakan tahap terakhir seleksi guru baru.

Para peserta ini berkesempatan mengikuti pelatihan selama sebulan penuh, dengan kurikulum yang kekinian dan disajikan oleh para pemateri tingkat nasional. “JT bukan sekadar menyiapkan calon guru yang pintar dan kreatif dalam mengajar, namun juga menyiapkan pribadi guru menginspirasi para siswanya dan mampu menyajikan pembelajaran yang menyenangkan,” tutur Ustaz Parjiyana, S.Pd. Kons., Kepala Biro BK dan Bina Prestasi LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto saat membuka acara.

Menurutnya, ada dua kompetensi dasar yang bakal dimiliki setiap peserta setelah JT. Yaitu memiliki skill profesional dan budaya hidup yang Islami. Kedua kompetensi ini dipelajari siang dan malam sepanjang JT.

“Siang harinya, mereka akan belajar mengelola pembelajaran yang menjadi tugas pokok sebagai seorang guru. Lalu malamnya, mereka dibimbing agar terbiasa melakukan amal ibadah dan memiliki karakter Islami yang kuat,” terangnya.

Skill profesional yang akan dimiliki diantaranya, mampu menyusun rencana pembelajaran inovatif, mampu mengelola pembelajaran yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa, hingga memastikan anak didiknya dapat mencapai prestasi yang tinggi.

Lebih dari itu, para guru juga dibimbing agar mampu mengasah potensi dirinya untuk meningkatkan kemampuan mengajar sekaligus meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt. “Setiap hari, para calon guru ini ditingkatkan kemampuan membaca dan menghafal Alquran, pembiasaan amal ibadah seperti zikir pagi dan petang, salat Duha, salat sunah rawatib, hingga salat Tahajud setiap harinya,” tambah ustaz Parjiyana.[]