Purwokerto. Akhir semester ini, SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto kembali menggelar Mukhoyam (Camp Alquran) untuk memfasilitasi siswa kelas percontohan Alquran dalam mengecek semua hafalan Alqurannya sebelum diujikan di hadapan guru Alquran.

Kegiatan yang digelar selama 3 hari sejak Senin hingga Rabu pekan ini digelar di Masjid Fatimatuzzahra untuk para siswa putri, dan di Masjid Gelora Indah untuk para siswa putra.

“Kegiatan mukhoyam ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan kelas Alquran agar hafalan mereka tidak hilang,” terang ustaz Mustamim Lutfi, wakil kepala sekolah.

Tampak siswa kelas 7 mengulang hafalan sebanyak 3,5 juz, lalu kelas 8 sebanyak 6,5 juz, dan kelas 9 sebanyak 8 juz Alquran.

“Secara umum, menjaga hafalan Alquran terasa lebih sulit dibandingkan menambah hafalan. Karena itu, sekolah membantu dengan menyiapkan waktu dan guru Alquran untuk menyimak dan meluruskan semua hafalan setiap siswa. Ini juga membutuhkan ketekunan dan motivasi yang kuat,” tambah ustaz Mustamim.[Ferina/ed: Qomar]