Sidenreng. Selama dua hari, kegembiraan para siswa memenuhi suasana gedung MTs Al Irsyad Al Islamiyyah Kab. Sidenreng Rappang. Tampak siswa kelas 7 dan 8 bergembira mengikuti seluruh kegiatan pramuka Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) pada 27-28 Januari 2018.

Kegiatan rutin per semester ini dikuti oleh siswa kelas 7 dan 8 dari MTs dan SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Kab. Sidenreng Rappang.

“Pelajar muslim sudah sepatutnya disiplin dan mandiri, karena kedua sikap ini akan melahirkan muslim yang kuat fisiknya dan kuat amal salehnya,” terang ustaz Abdul Gafur Syarifuddin, kepala MTs selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (kamabigus).

Kegiatan yang dibuka pada Sabtu jam 2 siang ini pun cukup meriah dan disukai para siswa. Beragam kegiatan lomba dan paparan materi diikuti dengan baik. Termasuk yang paling disukai adalah kegiatan penampilan kreasi setiap regu saat api unggun pada malam hari, dan kegiatan hiking menyusuri kebun, sawah, dan perkampungan di sekitar sekolah pada pagi harinya.

“Kebersamaan sepanjang kegiatan memberikan banyak pelajaran berharga bagi setiap siswa. Semoga mereka dapat menjadi semakin mandiri, disiplin, dan semakin berani untuk meningkatkan prestasi,” tambah ustaz Abdul Gafur Syarifuddin.

Kegiatan diakhiri dengan upacara penutupan pada Ahad sore pukul 16.30. Para siswa tampak bahagia meskipun tubuh mereka kelelahan.

Kegiatan pramukan menjadi satu di antara 4 ektrakurikuler yang diunggulkan sekolah. 3 lainnya yaitu Muhadarah/Pidato, Komputer, dan Tahfiz Alquran. Keempat ekstrakurikuler ini secara rutin dilaksanakan bergantian setiap pekan. Yaitu senin untuk Muhadarah, Rabu untuk Komputer, Kamis untuk Tahfiz, dan Sabtu untuk Pramuka.()