Bondowoso. Anak-anak kecil berlatih berdagang memang menggemaskan. Demikian yang terlihat dalam Business Day yang digelar oleh siswa kelas 3 SD Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso. Kamis, 15 Februri 2018 di halaman sekolah. Tidak kurang ada 30 macam jajanan sehat dan murah yang jumlahnya mencapai 1.200 item.

Acara yg merupakan bagian dari program sekolah ini dilaksanakan mulai pukul jam 09.00 tepat saat jam istirahat siswa. Tak ayal bila kegiatan ini langsung mencuri perhatian bagi siapapun yang melihatnya. Segra saat kepala sekolah menyatakan pasar dibuka, tampak para guru dan siswa kelas lain segera mendekat untuk membeli dagangan para pedagang cilik ini.

Saat itulah para guru menyisipkan materi pembelajaran tentang budaya antri, juga membantu para pedagang untuk senantiasa bersikap ramah dengan para pembeli yang terus berdatangan. Pedagang cilik pun sibuk beraksi dengan dagangannya masing-masing. Ada yang menawarkan dagangannya, ada yang tampak terampil saat membungkus makanan, ada juga yang pintar menghitung dan memberi kembalian kepada si pembeli. Semua dilakukan secara mandiri. Hingga dalam waktu sekejap, semua dagangan ludes terjual. Jelas terlihat senyum puas di bibir para pedagang cilik.

“Alhamdulillah Business Day berjalan dengan lancar. Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk rasa percaya diri, mandiri, bertanggung jawab, berfikir kritis dan bersosialisasi dg lingkungan,” terang ustazah Kholifah, ketua LPP yang turut berkunjung ke acara ini.()