Purwokerto. Libur panjang menjadi salah satu hal yang sangat ditunggu oleh siswa. Berkumpul dan bercengkerama dengan keluarga menjadi salah satu agenda wajib liburan. Uniknya SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto membuat program liburan siswa agar menjadi lebih bermakna sekaligus menyenangkan. Bukan hanya terlena bersenang-senang dengan keluarga namun juga tetap menjaga ibadah dan ilmu yang didapat dari sekolah. Satu di antaranya menekankan pentingnya menjaga dan menambah hafalan Alquran.

“Setiap siswa wajib memurojaah hafalan bahkan menambah hafalan. Libur yang berlangsung mulai tanggal 13 Desember sampai dengan 30 Desember 2017 ini diharapkan siswa mampu mengisinya dengan kegiatan positif bersama keluarga. Kami mencanangkan program sukses murojaah di rumah dengan harapan siswa tetap menjaga hafalannya bahkan menambah hafalannya,” tandas Abdul Qohin, M.Pd.I selaku kepala sekolah.

Untuk program tahfiz, siswa tetap menambah hafalan setiap hari minimal 2 atau 3 ayat. Tarjet ini sama dengan yang biasa siswa lakukan sebelum liburan. Bedanya, kali ini siswa membaca dan menghafal Alquran bersama orangtuanya.

“Kebiasaan membaca dan menghafal yang dimiliki siswa hendaknya jangan ditinggalkan selama liburan. Tentunya para wali kelas dituntut mampu bekerjasama dengan orang tua agar program ini sukses tanpa mengurangi kebahagiaan menikmati masa liburan bersama keluarga,” tambah ustaz Abdul Qohin.

Tak hanya itu, selama liburan ini pula siswa dihimbau untuk terus menjaga salatnya serta menyisihkan uang jajannya sebagai tabungan kurban untuk tahun depan. Selain program hafalan, siswa juga wajib mengecek penguasaan berhitungnya, khususnya kelas bawah (kelas 1, 2, dan 3). Hal ini bukan untuk membebani para siswa, tetapi justru sebagai bentuk pendampingan akan pentingnya menjaga pembiasaan untuk belajar. Sehingga meskipun liburan, para wali kelas tetap memantau perkembangan belajar siswa dengan berkomunikasi kepada wali murid. (Siti Puji Yunianti)