Bogor. Pendidikan kewirausahaan diyakini perlu ditanamkan sejak dini. Karena di dalamnya terdapat beragam nilai positif yang penting untuk diajarkan kepada siswa. Seperti semangat berusaha, kejujuran, kasih sayang, hingga menghargai sesama.

Demikian yang ditunjukkan oleh SD Al Irsyad Al Islamiyyah Bogor melalui kegiatan “Al Irsyad Market Day 2017.” Senin, 17 Desember 2017.

Kegiatan ini diikuti oleh para siswa dari kelas 3 hingga kelas 6. Mereka tampak sangat bersemangat menawarkan barang dagangan dari mulai penganan hasil olahan mereka sendiri atau hasil olahan ibunya, alat-alat tulis, hingga pakaian serta asesoris.

“Yang menarik adalah kreativitas beberapa siswa kelas 4, 5 dan 6. Bakat mereka berdagang terlihat dari cara mereka menata dan menawarkan barang dagangan, merias stand, dan menghitung keuangan, baik modal, pendapatan dan keuntungan. Ini sungguh di luar dugaan. Mungkin mereka sudah akrab dengan kegiatan jual-beli, karena sebagian besar orang tua mereka adalah para pedagang dan pengusaha,” terang ustaz Darman Fillah, S.Pd.SD., kepala sekolah.

Sebagian siswa tidak betah jika hanya menunggu pelanggan. Mereka berkeliling kesana kemari menjualkan barang dagangannya sambil menawarkan harga spesial.

Pedagang-pedagang ini pun sangat militan. Mereka menawari para guru dan siswa lain berkali-kali karena ingin dagangannya laku terjual.

Banyak guru yang terpancing membeli karena melihat kesungguhan para siswa, atau karena terpancing cara penjualan siswa. “Subhanalloh, ternyata mereka sudah pandai menarik minat pembeli. Sekali lagi ini di luar dugaan,” lanjut ustaz Darman, bangga.

Seperti inilah ramainya Market Day di SD Al Irsyad Al Islamiyyah Bogor, walaupun hanya berlangsung 4 jam tapi sangat berkesan bagi anak-anak. Mereka tetap bersemangat, meskipun ada pula yang kurang laku, dan banyak yang menjajakan sampai lelah dan berkeringat.

“Ada satu tujuan penting dari kegiatan ini yakni bagaimana memberi pengalaman berharga berupa kemampuan hidup mandiri dengan menjadi seorang pedagang atau pengusaha yang jujur untuk bekal hidup mereka di masa depan,” terang ustaz Darman.()