Ngawi. Sabtu (13/1), dilakukan penanaman bibit pohon asuh oleh siswa MTs Al Irsyad Al Islamiyyah Kabupaten Ngawi. Sebanyak 1000 bibit pohon durian dan 1250 bibit pohon pinus diterima dan ditanam. Seluruh bibit pohon tersebut bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ngawi.

“Proposal pengajuan bibit pohon asuh kita kirimkan satu tahun yang lalu, alhamdulilah awal tahun 2018 ini sudah direalisasikan,” tutur Toto Karyoto.

Bibit pohon asuh disebar ke beberapa titik seperti di halaman madrasah, dibagikan ke siswa dan guru untuk ditanam di pekarangan rumah, dibagikan kepada masyarakat, dan ditanam di tanah wakaf.

“Tahun kemarin kita mendapatkan tanah wakaf 800 m2 dari Bapak H. Susanto, untuk memanfaatkan tanah yang masih kosong itu kita tanami pepohonan sebelum nantinya dimanfaatkan untuk dibangun gedung,” tambah Toto Karyoto.

Penghijauan ini merupakan tindak lanjut program dari Bupati Ngawi, Ir. H. Budi Sulistyono, demi mewujudkan Ngawi Hijau dengan Penanaman Satu Juta Pohon. Lewat dunia pendidikan diharapkan siswa mempunyai kepedulian untuk selalu menjaga dan melestarikan lingkungan.

Khususprogram di Al Irsyad Al Islamiyyah Kabupaten Ngawi, program penanaman pohon tahun ini merupakan yang kedua kali. Tahun lalu penanaman bibit pohon beringin dilakukan di empat titik mata air agar debit mata air selalu terjaga.()