Bondowoso. Selasa yang lalu (3/4/2018), para santri Ma’had Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyumbang dana untuk Program Benah Rumah Tidak Layak Huni di Desa Pakem, Kabupaten Bondowoso.

Tidak kurang ada 18 santri tampak bersemangat mengkampanyekan pentingnya menolong para dhuafa dan ikut serta menyumbang dana untuk program Benah Rumah ini.

“Aksi penggalangan dana hari ini mulai dari alun-alun kota Bondowoso, agar masyarakat umum juga ikut berpartisipasi dalam membantu saudara kita yang membutuhkan” kata Fajar, santri yang menjadi Korlap Aksi.

“Kami sangat berharap, dengan adanya aksi penggalangan dana ini kita bisa saling mengingatkan untuk berbagi dan beramal. Bagi saya pribadi, aksi ini adalah pelajaran yang sangat berharga terutama untuk tidak malu dan berani di hadapan publik,” lanjut Fajar.

Saat aksi ini, para santri didampingi oleh ustaz Tri Yulistiyawan, bahkan hadir pula Ustaz Khairul Rozy kepala MTs Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso.

“Ini bukan sekadar menggalang dana, tapi yang utama adalah melatih mereka untuk berani mengajak ummat kepada amal-amal saleh. Berlatih memberikan nasihat secara spontan kepada masyarakat, melatih emosi dan kemampuan berpikir cepat,” terang ustaz Rozy.

Kegiatan ini juga dibantu dengan pengawalan dari Satuan Lalu Lintas (satlantas) Kabupaten Bondowoso untuk keamanan santri saat berada di jalan raya. “Alhamdulillah, pihak satlantas memantau dan mengawal santri sampai selesainya acara” tutup ustaz Rozy (Hary Smart)