Purwokerto. Berita membanggakan datang dari SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto, dari target minimal hafal 2 Juz Alquran, rupanya ada 18 siswa kelas 6 yang berhasil melampaui hingga 7,5 juz. Hal ini diungkapkan oleh ustaz Sudrajat, S.Sos., kepala sekolah saat mengesahkan hasil penilaian sertifikasi Alquran.

“Akhir semester 1 ini memang jadwalnya ujian sertifikasi hafalan Alquran. Semua siswa kelas 6 wajib menyelesaikan hafalan Juz 30 dan Juz 29. Ternyata, ada yang menggembirakan karena 18 siswa berhasil memaksimalkan potensi mereka hingga hafal 7,5 juz,” terang ustaz Sudrajat.

18 siswa ini berhasil menghafalkan juz 26, 27, 28, 29, 30, 1, 2, dan setengah juz 3. Uniknya, sekolah tetap memberikan bimbingan agar siswa kelas 6 dapat kembali menambah hafalan pada semester 2.

Sertifikasi ini merupakan satu di antara syarat kelulusan siswa SD Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Sehingga para guru Alquran cukup intens dalam melakukan pembinaan sejak kelas-kelas sebelumnya.

Termasuk menyempurnakan kemampuan membaca dengan artikulasi dan nada yang bagus sesuai hukum tajwid, hingga memahamkan makna ayat per ayat agar siswa mampu meresapi makna Alquran saat membacanya.

“Saya sangat bangga, meskipun sedang bersiap untuk menghadapi Ujian Sekolah, namun para siswa kelas 6 ini tetap memiliki motivasi untuk menghafal Alquran. Hal ini sangat mungkin merupakan hasil pembelajaran Alquran yang sudah ditanamkan semenjak kelas 1 SD.

Kami berharap, siswa yang lulus tidak hanya memiliki bekal kemampuan akademik, tetapi juga memiliki bekal hafalan Alquran yang dapat menguatkan karakter religiositas sesuai yang dicanangkan oleh pemerintah,” harap ustaz Sudrajat.[Rahmat S]