Purwokerto. Alhamdulillah para siswi kelas X SMA Boarding School Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto berhasil meraih juara 1 dalam ajang Ma’radh Tsaqafi yang diikuti bersama 7 negara lainnya yaitu Malaisya, Thailand, Mesir, Turki, Pakistan, Kazakstan, Kirgistan.

Lomba ini diadakan oleh Markaz Nil tempat para siswa ini belajar bahasa Arab di Mesir.
Sebagimana diketahui, para siswa kelas X saat ini sedang berada di Mesir untuk belajar Alquran bersama Masyayikh, dan belajar bahasa Arab di Markaz Nil.

Perlombaan Ma’radh Tsaqafi ini merupakan pagelaran budaya negara masing-masing yg harus dipresentasikan menggunakan bahasa arab.

Saat lomba, para siswi Al Irsyad tampak mencuri perhatian lancar berbahasa Arab dan karena paling muda dibandingkan yg lainnya dari berbagai negara.

Siswi Al Irsyad menyajikan beberapa penampilan saat perlombaan, diantaranya membuka stand khusus indonesia yang menampilkan Makanan khas Indonesia, Mata uang Indonesia, Buku-buku tentang Indonesia, dan lukisan-lukisan khas Indonesia. Juga menampilkan Tari Saman, Permainan Angklung Jawa Barat, dan Penampilan Bela Diri Silat.

Para siswa ini pun terbagi dalam beberapa tim, yaitu
Tim presentasi dalam bahasa arab
Tim tari saman
Tim angklung jawa barat
Tim silat
Tim pelukis
Tim dapur

“Keberhasilan ini semoga menambah motivasi para siswa untuk belajar belajar Bahasa Arab dan Alquran dengan tekun selama mengikuti program overseas di Mesir,” terang ustazah Sarah Abdurrahmah, Lc., selaku guru pendamping.[]